Resep Bubur Untuk Orang Sakit

 

Ceritanya, karena saya sedang dalam tahap perawatan saluran akar pada gigi, alhasil gigi saya yang berlubang tepat di depan hanya bisa ditambal dengan kafit sementara. Gak tau sih yaa kafit (gak tau tulisan yang bener kaya gimana) itu dibuat dari bahan apa, yang jelas untuk jadi tumpatan gigi, cukup lunak dan rapuh, jadi makanpun harus hati – hati. Saya harus pintar – pintar memindahkan makanan di dalam mulut, agar gigi depan yang ditumpat dengan kafit itu gak copot. Karena kalau copot kan ompong nanti.

Maka, bubur adalah pilihan menu sarapan yang pas, karna dia lunak, jadi mudah kan buat dipindahkan ke lidah trus dikunyah bentar bisa langsung ditelan dehh.. Nah,, munculah ide waktu di rumah kemarin, pas liburan semester 1 buat bikin bubur sendiri. Sebenarnya mudah saja sih kalau mau sarapan pakai bubur, di desa saya yang jualan bubur pun lumayan banyak. Tinggal pilih yang mana. Mau yang jual ibu – ibu atau bapak – bapak, atau yang mas – mas sampai yang nenek – nenek.

Kebetulan, karena lagi di rumah, bahan dan alat – alat membuat bubur sudah tersedia, maka saya memutuskan buat bikin sendiri buburnya. Hahaha. Sekali – kali kan latihan, suatu saat pasti diperlukan keahlian membuat bubur seperti ini. Misalnya kalau suami sakit *eh? suami? wkwkk atau anak – anak sakit, atau orang tua sakit yang mengharuskan memakan bubur, dan kebetulan tidak ada yang jaualn bubur waktu itu. Nah loh, bisa jadi kan? Makanya perlu latihan.

Awalnya saya pikir mudah saja ya bikin bubur itu. Sama seperti menanak nasi hanya saja airnya idlebihin biar lembek gitu nasinya. Tapi ternyata, saya langsung neyrah pas saya sudah kumpulkan bahan – bahannya. Alias saya gak tau gimana step awal membuat bubur. Aigoo~~ padahal cuma bikin bubur ya.. Maklum, saya ii gak sukak masak, gak jago masak. Hehehehe. Ini lagi diberi hidayah saja jadi pengen coba – coba, walaupun coba – cobanya bikin bubur. Hihihi

Akhirnya saya putuskan buat gugling deh cara membuat bubur. Aku yakin gak cuma saya yang cuma bikin  bubur aja gugling, Haha. Maka dari itu, saya postingin ini,cara membuat bubur praktis untuk orang sakit agar orang – orang setelah saya yang awam juga membuat bubur bisa menemukan referensinya.

Nihya, Langusng aja yaa.

  1. Siapkan bahan – bahannya. Bahan utamanya ada Beras dan Air.Perbandingannya 1:3. Eh, jangan lupa dicuci dulu ya berasnya.
  2. Masukkan bersama – bersama beras dan airnya (air nya air matang loh ya) dalam satu panci kemudian rebus sampai mendidih sambih diaduk terus biar gak bikin kerak di dasar pancinya.
  3. Tambahkan satu helai daun salam. Atau lebih juga boleh sesuai selera. Tambahkan juga garam secukupnya untuk menambahkan rasa. Ini step opsional loh, kalau gak mau dikasih daun salam dan garam juga gakpapa.
  4. Sambil di aduk terus loh ya jangan lupa. Proses pengadukan cukup lama. Kalau sudah mulai menjadi bubur, tapi keliatannya masih sangat kental, tambahkan air lagi secukupnya. Di kira – kira sendiri saja cukup.
  5. Setelah dikira cukup matang buburnya, angkat dan tuangkan dalam mangkok yang sudah disiapkan.
  6. Tahap akhir adalah tambahkan garnish dan lauk untuk buburnya.
  7. end

Berdasarkan pengalaman pribadi, waktu percobaan pertama bikin bubur, di rumah saya kebetulan sudah ada masakan ampela ati dan telor bulat goreng. Jadi saya tambahkan saja keduanya di atas. Sebelumnya di atas permukaan bubur yang sudah matang saya taburi tempe oreg kering.

Lihat hasilnya di bawah ini

cats

Abaikan bentuk penataannya yaa. Tapi enak kok. Sumpah!

Selamat mencoba gan ^^

 

Facebook Comments

Leave a Reply

4 Komentar


  1. “Abaikan bentuk penataannya yaa. Tapi enak kok. Sumpah!”

    *hening*

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *